Bupati Kulon Progo dan KaBPPM monitoring PNPM-MPd

Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K) bersama Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) pada hari Senin tanggal 6 Februari lalu mengadakan monitoring bersama PNPM Mandiri Perdesaan di Kec Nanggulan. Kunjungan diawali di Desa Tanjungharjo di rumah Bapak Samijo, seorang pengrajin tas berbahan dasar tali dari pohon pandan. Di tempat ini Bupati dan KaBPPM menyerahkan hadiah dan piagam dari Menteri Dalam Negeri kepada Bapak Samijo karena yang bersangkutan saat lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) nasional tahun 2011. Penemuannya berupa mesin pemintal tali pandan berhasil menang sebagai juara Harapan I.

 Kunjungan dilanjutkan ke sekolah PAUD masih di desa Tanjungharjo yang dibangun PNPM-MPd tahun 2010 lalu. Di sekolah ini Bupati dan KaBPPM berdialog dengan para guru dan orangtua murid yang merasa cukup senang karena telah dibangunkan sekolah oleh PNPM-MPd. Setelah kunjungan ke sekolah PAUD, Bupati kemudian kembali ke Wates dan monitoring dilanjutkan oleh KaBPPM bersama Satker Prov, Korprov, Satker Kabupaten, FasKab dan Camat Nanggulan ke kelompok pembuat tenun stagen (jawa : kain yang dililitkan di perut perempuan) di Dusun Demen Desa Wijimulyo. Kelompok ini meminjam di UPK “Nanggulan Sejahtera” sejak 2008 dan beranggotakan ibu-ibu sekitar Dusun Demen. Kerajinan tenun stagen termasuk langka karena yang biasanya memakai stagen adalah perempuan tua, saat ini sudah jarang perempuan muda dan modern yang masih memakainya. Kerajinan tenun dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

 Kunjungan selanjutnya ke kantor UPK yang sudah menempati gedung sendiri berlantai 2 sejak tahun 2008. Di kantor ini KaBPPM berdialog dengan BKAD, UPK dan FK mengenai perkembangan pengelolaan dana bergulir di Kec Nanggulan serta kendala yang dihadapi. Ketua BKAD Bpk. Surat, SE menjelaskan bahwa asset dana bergulir UPK “Nanggulan Sejahtera” saat ini sudah lebih dari 3,6 Milyard dan tahun 2011 ini mendapatkan surplus Rp. 633.514.344,-. Beberapa kegiatan pemberdayaan ekonomi yang telah dilakukan antara lain pelatihan manajemen warung bagi lebih dari 120 warung kecil di Kec Nanggulan, pemberian hibah kambing bagi warga miskin, dll. Kunjungan terakhir di Desa Banjararum Kec Kalibawang melihat pekerjaan jalan rabat beton dan talud tahun 2011.

(Penulis: Idee Sasongko – Korprov PNPM DIY)

Tinggalkan komentar